terapkan-tarif-baru-pam-jaya-pastikan-tarif-berkeadilan-dan-peningkatan-pelayanan-itW5e

TERAPKAN TARIF BARU, PAM JAYA PASTIKAN TARIF BERKEADILAN DAN PENINGKATAN PELAYANAN

   

 

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Jaya (“PAM JAYA”) mengumumkan tarif baru berdasarkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 730 tahun 2024 tentang Tarif Air Minum Perusahaan Umum Daerah Air Minum Jaya. Penerapan tarif baru akan berlaku mulai Januari 2025 dan muncul dalam tagihan air Februari 2025. Selain terus melakukan pembangunan infrastruktur jaringan perpipaan, kebijakan ini juga merupakan bagian dari upaya PAM JAYA dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pemenuhan air minum pada 2030. Tidak hanya itu, kombinasi penerapan teknologi inovatif, disiplin operasional, hingga kerja sama sinergis juga dilakukan demi terwujudnya 100 persen cakupan air minum bagi seluruh warga Jakarta.

“Penerapan tarif baru merupakan upaya untuk mewujudkan pemenuhan air minum secara adil bagi seluruh lapisan masyarakat Jakarta. Apalagi, tarif air minum di Jakarta selama 17 tahun terakhir tetap sama. Padahal, biaya untuk memenuhi kebutuhan penyediaan air minum terus meningkat. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menetapkan standar kebutuhan pokok air minum per kepala keluarga sebesar 10 m3 per bulan. “Jika pelanggan rumah tangga menggunakan air secara bijak dengan konsumsi di angka 10 m3 maka tidak ada perubahan tarif yang akan dirasakan oleh pelanggan mengingat tarif pada kebutuhan 0-10 m3 masih tetap di angka yang relatif sama”, kata Direktur Utama PAM JAYA Arief Nasrudin.

Arief menambahkan, kelompok pelanggan sosial/K I khusus untuk pemakaian hingga 10 meter kubik atau setara dengan 10.000 liter mengalami penurunan tarif, sedangkan untuk pelanggan kelompok lainnya, akan tetap sama seperti sebelumnya. Namun, tarif akan diterapkan secara progresif ketika konsumsi air berada pada rentang lebih dari 10 m3 hingga 20 m3 dan di atas 20 meter kubik.

“PAM JAYA berkomitmen memberikan layanan yang lebih baik, sekaligus mendukung program pemerintah dalam memenuhi kebutuhan air minum masyarakat Jakarta secara menyeluruh. Hingga akhir 2030, ditargetkan akan ada tambahan 1 juta Sambungan Rumah (SR) tercapai sehingga target ketersediaan layanan air minum perpipaan yang konsisten, berkualitas, dan terjangkau bagi warga Jakarta segera terpenuhi. Nantinya, sepanjang 7.000 kilometer tambahan jaringan perpipaan akan terpasang di seluruh wilayah Jakarta”, jelas Arief.

Dalam upaya membantu perekonomian masyarakat pra sejahtera, PAM JAYA mewujudkan tarif berkeadilan dengan meluncurkan Kartu Air Sehat, program aktivasi bantuan pendamping penerapan tarif baru untuk pelanggan kelompok rumah tangga kode tarif 2A1 (rumah tangga sangat sederhana) dan 2A2 (rumah tangga sederhana). Program ini efektif mulai Januari 2025 berlaku selama 1 tahun dan akan dilakukan evaluasi secara berkala.

Pelanggan yang mendapatkan Kartu Air Sehat akan mendapatkan bantuan berupa tarif promo antara lain:

  • Pelanggan 2A1 akan mendapatkan tarif flat sebesar Rp1.000 perm3 untuk seluruh pemakaian air setiap bulannya.

  • Pelanggan 2A2 akan mendapatkan tarif flat sebesar Rp3.550 per m3 untuk pemakaian 1—20m3 pertama setiap bulannya.

Selain mendapatkan tarif promo, pemegang Kartu Air Sehat juga akan mendapatkan layanan prioritas jika terjadi gangguan suplai air berupa bantuan pengiriman air melalui mobil tangki PAM JAYA secara gratis.

Manfaat lain dari Kartu Air Sehat adalah asuransi gangguan pelayanan. Pelanggan 2A1 dan 2A2 yang mengalami gangguan suplai air mati pada periode tertentu dan melaporkan kondisi ini ke Contact Center PAM JAYA (1500223), akan mendapatkan santunan/penggantian kerugian sesuai besaran manfaat yang sudah ditetapkan per kelompok tarif maksimal 1 x per bulan, yang akan diperhitungkan pada tagihan bulan berikutnya.

Komitmen PAM JAYA terhadap program sambungan baru gratis bagi pelanggan kelompok rumah tangga kode tarif 2A1 dan 2A2 juga terus berlanjut hingga 2025.

Terobosan lain yang dilakukan PAM JAYA adalah pemasangan cybel untuk penerapan Smart Meter pada meter air pelanggan dimana dengan teknologi ini pembacaan meter air pelanggan dapat dibaca secara otomatis oleh sistem. Program pembacaan meter air pelanggan secara nirkabel yang dijalankan sejak Oktober 2024 ditujukan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dan mencakup pemasangan modul komunikasi pada meter konvensional yang ada di lokasi pelanggan, tanpa dikenakan biaya tambahan.

PAM JAYA terus meningkatkan kompetensi internal dengan berbagai program pelatihan dan pengembangan karyawan. Kerja sama strategis dengan para pemangku kepentingan di tingkat provinsi dan nasional juga dilakukan. Terkait penerapan tarif baru, pelanggan dapat mengajukan informasi atau pertanyaan pada layanan pelanggan 24 jam Contact Center PAM JAYA 1500 223 untuk memperoleh keterangan lebih lanjut.

Share this Post

Komentar (39)

  • Andiko Ginting

    tolong kirimkan ke saya surat edaran ini

    19 Februari 2025 04:47
  • Orang jujur

    ***mewujudkan tarif berkeadilan*** Maaf, slogan seperti ini hanyalah omong kosong Sudah rahasia umum bahwa banyak tempat di jakarta yang tidak bisa mendapatkan aliran air PAM selama puluhan tahun, terutama kawasan padat penduduk menengah ke bawah dan miskin. Tetapi PAM dapat memberikan layanan air ke kawasan perumahan menengah, atas, dan kawasan komersial dalam waktu singkat PAM harus jujur bahwa kerugian operasional datang tidak hanya dari pipa bocor, namun juga dari pelanggan penerima ***subsidi silang***, dimana harga yang mereka terima jauh dibawah biaya produksi. Sehingga, untuk menyambungkan pelanggan penerima subsidi, perusahaan harus mencari pelanggan non-subsidi baru, yang akan mensubsidi-silang sepanjang hidup Terlebih, klaim cakupan 100% pada 2030. Cakupan layanan pipa pam jakarta pada tahun 2019 adalah 62%, dan 70% di tahun ini. Maka, secara statistik akan tercapai pada tahun 2041 Sangat disayangkan, tidak ada satupun politisi daerah yang mencanangkan pengurangan subsidi air per meter kubik, sebagai solusi agar semua lapisan masyarakat dapat mengakses air bersih dan di saat yang bersamaan tidak membuat PAM bangkrut. Karena akan ada masyarakat penerima subsidi silang yang mengeluhkan mahalnya air PAM. Padahal masih banyak masyarakat miskin yang membeli air dari pedagang keliling. Saya tergolong pelanggan kelompok III, tapi saya kasihan kepada teman-teman penghuni kost, rumah petak, kontrakan yang tidak terjangkau PAM JAYA

    19 Februari 2025 10:39
  • Mugi

    G*l* tarifnya

    24 Februari 2025 09:29
  • Mesi

    Parah naik nya

    24 Februari 2025 22:36
  • Dominicus adion andyka

    Wah parah naik nya air kecil naik terus apa gini keadilan sosial bagi seluruh masyarakat wah g*l* g*l*

    25 Februari 2025 00:58
  • PAM PAM

    Naik nyah hampir 100% parah pam

    25 Februari 2025 05:35
  • Pensiunan

    Kenaikannya sangat mencekik, ga tau gimana kok pemakaian biasanya kisaran 500rb, sekarang 950rb. Siang jarang pakai, malam jam 10 dah ga nyala. Adil bagaimana sih ngukurnya?

    25 Februari 2025 14:36
  • Alexa

    Kenaikannya sangat drastis, biasa 300-400rb jadi 600rb++ dengan jumlah pemakaian M3 yang nyaris sama dengan bulan sebelumnya, ga kira-kira, dikira duit terbang dari langit.

    26 Februari 2025 02:22
  • qonita qonita

    Biasanya tiap bulan byr sekitar 500rb, baru aja liat tagihan februari jadi 900rb lebih.. Sosialisasi minim untuk kenaikan tarif ini, langsung diberlakukan pula. Sistem monopoli pasti membuat rakyat tdk pny pilihan, selain tunduk. Semoga penguasa ada yg peduli dgn masalah ini.

    27 Februari 2025 01:24
  • Nosa

    kenapa kenaikan yang saya alami hingga 67%. Itu sangaaaat signifikan loh.

    27 Februari 2025 09:55
  • Kaum mendang mending

    Terlalu besar kenaikan air, hampir 100% ngalami kenaikan. Saya kaum mendang mending berasa bgt klo kenaikan ny parah. Org pst mau kembali pke sumur pak klo ga d ubah. Mmg ny pejabat PAM mau beli pesawat jet pribadi ya, ngimbas ny ke warga miskin. Jgn cekik kami bapak/ibu pejabat PAM

    27 Februari 2025 14:00
  • FS

    Ini gila....naik 100% dan apartemen masuk kategori paling mahal. Apakah kalian tahu, bahwa apartemen tidak semuanya adalah kategori atas, seperti apartemen saya. Kenapa orang tinggal di apartemen? Karena belum sanggup memiliki tanah/rumah. Lah, sekarang semua apartement disamaratakan, dan malah lebih mahal daripada rumah.

    28 Februari 2025 06:13
  • FR

    Ini sudah dilevel kenaikan yang SANGAT G*L* kenaikan tarif diluar akal sehat dan bener sangat menyengsarakan masyarakat sudah ga bisa berkata-kata lagi ini parah BUMN yg hakikatnya perusahaan milik pemerintah yg seharusnya membantu masyarakat meringankan beban masyarakat malah menjadi ujung tombak menusuk masyarakat kecil seperti ini air golongan 3D1 itu masih tergolong masyarakat lemah secara ekonomi dihajar kenaikan yg luar akal sehat kasian UMKM dan orang2 yg ngontrak harus disiksa dengan tarif yg luar biasa kenaikannya

    28 Februari 2025 08:39
  • Amel

    Woy niy kenaikan tarif ga ada otak tagihan bln januari 200k lbh dan bln feb tagihan 500k lbh astagfirullah kalian zalim amat sm org kecil di rmh yg kerja Ade gw doang emak bapak gw udh tua gak ada kerja slogan yg kalian buat gak cocok keadilan yg ky mana mksd kalian!!!

    28 Februari 2025 23:03
  • Hasan

    Tolong kenaikannya di tinjau lagi. Kok bisa tagihan dari 500 RB an menjadi 900 rb an. Ini bukan berkeadilan namanya. Apalagi saat ekonomi seperti sekarang ini.

    01 Maret 2025 01:31
  • Hasan

    Tolong kenaikannya di tinjau lagi. Kok bisa tagihan dari 500 RB an menjadi 900 rb an. Ini bukan berkeadilan namanya. Apalagi saat ekonomi seperti sekarang ini.

    01 Maret 2025 01:36
  • -

    Keterlaluan naiknya, udh air yg keluar kotor dan lebih bau dari kotoran

    01 Maret 2025 14:26
  • Harto

    Subhanallah tagihan di Maret ini kenapa naiknya hampir 2x lipat dari bulan sebelumnya ya? Padahal infonya sudah naik pada tagihan Februari. Kami rakyat kecil jangan di akal akalin. Kualitas air juga agak menurun dari sebelumnya dan karena ada perbaikan pipa dimana2 juga layanan sering kali mati tanpa pemberitahuan.

    02 Maret 2025 06:13
  • HADY

    kacau ini PAM, bulan februari air yang keluar bau dan keruh sekali air nya, tapi pas mau bayar air tiba2 naik hampir 3x lipat dari biasa bayar 25rb - 36rb sebulan, sekarang bayar 101rb.. TOLONG LAH JANGAN KAYA GITU ! KAMI ORANG SUSAH JANGAN DI PERSULIT TERUS !

    03 Maret 2025 07:21
  • #kaburajadulu

    HOY PAM, SELAMA BULAN FEBRUARI AIR YANG KELUAR SANGAT KOTOR DAN BAU BERWARNA HITAM !! SAYA JARANG PAKAI AIR KARENA AIR NYA JOROK, KENAPA TAGIHAN NYA NAIK GAK WAJAR ??? KORUPSI NYA GAK NAHAN YA ! BIKIN SUSAH RAYKAT AJA BISA NYA, DI KOMPLAIN PUN GAK ADA SOLUSI NYA !

    03 Maret 2025 07:43
  • Hj. Arafati

    Mohon di evaluasi kembali kenaikan tarifnya, golongan tarif kami (2a3) pemakain air lebih (>20m3), terutama bagi pengontrak karena 1 meteran induk terbagi untuk 4 pengontrak lainnya & dijumlahkan dlm 1 tagihan, jd sdh dipastikan tagihannya lebih dri (>20m3) sngat memberatkan bagi kami sbg pengontrak. Terima kasih

    03 Maret 2025 12:48
  • Adih

    Tarif mau naik kalo tiap malam ga mati si gpp,.ini tunggu air Ampe begadang,.saya tinggal di Kedoya Deket sma 57 jakarta barat,.air PAM ada jam nya,.kadang mati total,.dan untuk hari ini Uda 3hri ga ada PAM

    04 Maret 2025 04:00
  • Andres Sabdes

    Bapak ibu yang terhormat mohon di evaluasi kembali untuk kenaiikan harga nya..kami sebagai UMKM sangat keberatan dengan ada nya kenaikan ini. Apakah perlu di viral kan dulu baeu ditinjau kembali? Sangat tidak wajar untuk kenaikan nya.

    04 Maret 2025 04:43
  • Gluekenko

    Tarif naik tapi ngga ada air 24jam lebih. KONTOL!

    04 Maret 2025 05:24
  • Agus

    Naiknya 100%, please jgn samakan klasifikasi rumah kami dengan rumah2 mewah. sesudah menaikkan tarif, malah gangguan tidak air 2 hari. kacau. Harusnya memberikan konpensasi kepada pelanggan yang terdampak gangguan, berupa potongan tagihan. lah kita kalau terlambat bayar saja kena denda. itu baru adil. tolong di kaji ulang utk klasifikasi rumah nya, please jangan samakan rumah kami dengan rumah2 mewah

    04 Maret 2025 07:48
  • Orang baik

    Naiknya 100%, please jgn samakan klasifikasi rumah kami dengan rumah2 mewah. sesudah menaikkan tarif, malah gangguan tidak air 2 hari. kacau. Harusnya memberikan konpensasi kepada pelanggan yang terdampak gangguan, berupa potongan tagihan. lah kita kalau terlambat bayar saja kena denda. itu baru adil. tolong di kaji ulang utk klasifikasi rumah nya, please jangan samakan rumah kami dengan rumah2 mewah

    04 Maret 2025 07:50
  • orang baik

    Naiknya 100%, please jgn samakan klasifikasi rumah kami dengan rumah2 mewah. sesudah menaikkan tarif, malah gangguan tidak air 2 hari. kacau. Harusnya memberikan konpensasi kepada pelanggan yang terdampak gangguan, berupa potongan tagihan. lah kita kalau terlambat bayar saja kena denda. itu baru adil. tolong di kaji ulang utk klasifikasi rumah nya, please jangan samakan rumah kami dengan rumah2 mewah

    04 Maret 2025 07:50
  • Via Very Easy

    teruntuk pam jaya kenapa tagihan naik 100% yaa???? kenapa tidak surat edaran kenaikan ???? bulan januari 260rb , tagihan feb lonjak jadi 490rb . tolong direspon PAM JAYA

    04 Maret 2025 15:38
  • rusyadi

    tagihan naik tagihan Januari 300 sekarang tagihan februari 600 naik 3 kali lipat biasanya saya bayar cuma 200 kacau ini pam

    04 Maret 2025 22:33
  • .

    naik drastis harus di bulan puasa ? kenapa ?

    05 Maret 2025 07:13
  • .

    tolong di-ringankan kenaikannya, jangan se-melambung ini, rumah ngontrak, gaji gak naik-naik, cari kerja susah.

    05 Maret 2025 07:20
  • Putri

    Kenaikan yang ngga ngotak! Pemakaian sedikit, nyuci 2x dalam sebulan, 6bulan terakhir bayar dibawah 80rb trus di Januari naik jadi 150rb dan bulan Februari NAIK JADI 450RB?!! NGOTAK DONG! Gue dirumah ngga ada yg kerja, kaka dapet duit kerja online juga pas2an, ngga ada surat edaran tarif naik ke tiap rumah dan tiba2 langsung naik 100x lipat gini siapa yang mau bayar?! Makan susah, bayar listrik susah, sekarang air kecil dan sering mati gini malah dinaikin dengan ga wajar?! JANGAN DZOLIM!

    05 Maret 2025 07:30
  • Shella

    Bulan maret kenapa ugal2an naiknya sampai 150 biasanya juga 50 woooyy g*l* bner dah naik ko ga ngira2 .. lu pikir cari duit gampang.. kita rakyat kecil .. semoga kelak kalian dpat balasnya manusia2 rakus

    07 Maret 2025 14:46
  • Yanti

    Air PAM saya bocor di bagian sesudah meteran bisa di perbaiki

    09 Maret 2025 07:27
  • Putra

    Kenaikan yang tidak dibarengi transparansi. Di tagihan hanya ada pemakaiannya saja tidak ada pencatatan meter stand awal dan stand akhir nya. Jadi kesannya pencatatan pemakaiannya dilakukan semaunya saja, tidak ada transparansi. Bisa saja petugas pencatatnya asal memasukkan stand meternya tanpa mendatangi rumah ke rumah. Harusnya seperti PLN, pada tagihan ada stand kWh meter awal dan akhir, dan petugas pencatatnya selalu mem-photo kWh meter sebagai bukti bahwa mereka telah bertugas.

    10 Maret 2025 05:02
  • Putra

    Kenaikan yang tidak dibarengi transparansi. Di tagihan hanya ada pemakaiannya saja tidak ada pencatatan meter stand awal dan stand akhir nya. Jadi kesannya pencatatan pemakaiannya dilakukan semaunya saja, tidak ada transparansi. Bisa saja petugas pencatatnya asal memasukkan stand meternya tanpa mendatangi rumah ke rumah. Harusnya seperti PLN, pada tagihan ada stand kWh meter awal dan akhir, dan petugas pencatatnya selalu mem-photo kWh meter sebagai bukti bahwa mereka telah bertugas.

    10 Maret 2025 05:06
  • adri

    tarik naik tapi pelayanan buruk air tidak keluar kalau tidak disedot pakai pompa tolong jangan asal naikin tapi pelayanan ditingkatkan saya minta penggantian pipa utama

    10 Maret 2025 07:27
  • Joni

    Masa tagihan saya tiba tiba jadi 1.700.000 buat bulan februari, mana rumah ngontrak juga.

    10 Maret 2025 18:52
  • Agus p

    Kenaikannya parah min.. mbok ya kenaikannya jangan terlalu tinggu dikala kondisi ekonomi serba susah gini. Ini mah bukan naik lagi tapi ganti harga..

    11 Maret 2025 14:14

Tinggalkan Komentar