pam-jaya-mengambil-alih-dan-berhasil-memperbaiki-kebocoran-pipa-air-baku-milik-bumn-yang-terdampak-pekerjaan-saluran-pihak-ketiga-M2tHi

PAM JAYA MENGAMBIL ALIH DAN BERHASIL MEMPERBAIKI KEBOCORAN PIPA AIR BAKU MILIK BUMN YANG TERDAMPAK PEKERJAAN SALURAN PIHAK KETIGA

Jakarta (28/08/2024) – Telah terjadi kerusakan pipa air baku ukuran diameter 2.000 mm milik BUMN yang berlokasi di Jalan Prof. Dr. Satrio, Jakarta Selatan. PAM JAYA telah mengatasi pipa tersebut merupakan pipa air baku yang dibutuhkan untuk diolah oleh PAM JAYA dan distribusikan ke 84 kelurahan atau sekitaar 200.000 pelanggan setara dengan 1 juta jiwa.

Pengambilalihan pekerjaan ini semata-mata untuk mempercepat proses layanan air perpipaan Berdasar pengecekan tersebut, insiden diduga terjadi akibat kendala teknis selama pengerjaan proyek pembangunan saluran kawasan Kecamatan Setiabudi, yang bersinggungan dengan pipa transmisi air baku milik BUMN.

Adapun perbaikan diperkirakan membutuhkan waktu selama satu minggu, mulai 23 hingga 30 Agustus 2024. Situasi ini turut berdampak pada suplai air bersih PAM JAYA ke pelanggan di 84 kelurahan se-Jakarta.

Direktur Utama Arief Nasrudin mengungkapkan bahwa perlu diketahui pada tanggal 27 Agustus 2024 PAM JAYA menginisiasi mengambil alih pekerjaan perbaikan kebocoran pipa air baku milik PJT II yang sebelumnya pekerjaan ini dikerjakan oleh kontraktor Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kota Jakarta Selatan dan tepat tanggal 28 Agustus 2024 pekerjaan telah diselesaikan oleh PAM JAYA.

“Pada malam ini pukul 23.00 WIB kapasitas air baku akan meningkat menjadi 71% dari yang sebelumnya 66%, Kamis 29 Agustus 2024 pukul 05.00 WIB kapasitas air baku meningkat menjadi 93% dan Jumat 30 Agustus 2024 pukul 05.00 WIB kapasitas air baku sudah di tingkat 100%” ucap Arief Nasrudin. Sebagai bentuk komitmen PAM JAYA terhadap para pelanggan yang terdampak, PAM JAYA memberikan kompensasi berupa pengiriman air melalui mobil tangki sebanyak 2,1 juta liter air melalui 519 rute pengiriman sampai dengan saat ini.

Serta PAM JAYA akan memberikan potongan tagihan sebesar 10% dan maksimal Rp 50,000 terhadap semua pelanggan terdampak sebagai kompensasi atas gangguan selama 5 hari. Dalam kesempatan ini PAM JAYA juga menginformasikan per tanggal 20 Oktober 2024 tambahan pasokan air dari Jatiluhur sebesar 208 liter per detik dalam rangka menuju cakupan 100% layanan di tahun 2030. Adapun semenjak tahun 2023 PAM JAYA telah melakukan perluasan layanan dengan tambahan 29.326 sambungan rumah.

Adapun semenjak tahun 2023 sampai dengan Juli 2024 PAM Jaya telah melakukan perluasan layanan dengan tambahan 29.326 sambungan rumah, dengan target akhir tahun ini menjadi sebesar 69.000 sambungan rumah. Selanjutnya, pembangunan Reservoir Komunal sebanyak 7 unit dengan total kapasitas 2.3 juta liter juga telah dirampungkan oleh PAM JAYA dalam rangka pemerataan distribusi air. Sebanyak kurang lebih 3.200 Tim PAM JAYA selalu standby 24 jam dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Jakarta.

Arief Nasrudin juga menghimbau kepada perusahan atau kedinasan yang memiliki pekerjaan utilitas di Jakarta untuk agar berhati-hati karena pipa air PAM JAYA di Jakarta memiliki panjang 12.000 km. Oleh karena itu, Arief meminta kepada pemilik pekerjaan utlitias untuk memastikan as-build drawing sudah dipahami agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Share this Post

Komentar (2)

  • Ferdinand

    daerah kampung muara bahari tanjung priok Jakarta utara lebih satu bulan air PAM yang diterima air "SELOKAN"

    05 September 2024 07:29
  • Ferdinand

    daerah kampung muara bahari tanjung priok Jakarta utara lebih satu bulan air PAM yang diterima air "SELOKAN"... KAPAN SELESAI "AIR SELOKAN"? SUDAH DUA BULAN MASA NGA ADA SOLUSI? KALIAN SERIUS KERJAKAN APA PERIKSA2 NGA JELAS DOANG???

    12 September 2024 04:46

Tinggalkan Komentar