PIPANISASI KAMPUNG TANAH MERAH

PIPANISASI KAMPUNG TANAH MERAH

Jakarta, 16 Oktober 2021. PAM JAYA sebagai BUMD Pemprov DKI Jakarta yang mengelola air minum perpipaan Jakarta mengembangkan jaringan air perpipaan di Kampung Tanah Merah, Jakarta Utara yang masuk dalam Kampung Prioritas DKI Jakarta. Pekerjaan proyek pipanisasi ini dilakukan sejak Juni 2021.
 
Kampung Tanah Merah merupakan salah satu kampung di Jakarta yang mayoritas penduduknya belum dilayani oleh air minum perpipaan secara langsung. Adanya Peraturan Gubernur nomor 16 tahun 2020 tentang Tata Cara Penyambungan dan Pemakaian Air Minum, PAM JAYA dapat melakukan sambungan langsung khusus (SLK) kepada warga.
 
Terdapat sekitar 4.625 KK di 5 RW (RW 07, 09, 10, 11 dan 22) yang ditargetkan akan dipasang sambungan pelanggan oleh PAM JAYA, per 14 Oktober 2021 terdapat 1.211 sambungan pelanggan yang sudah mengalir airnya dan saat ini masih terus berlanjut. Pipa yang akan dipasang untuk area Kp. Tanah Merah sepanjang 35.124 m dan yang sudah terpasang sepanjang 11.038 m.
 
“Selama ini warga di Kp. Tanah Merah dialiri air melalui sistem master meter yang dikelola oleh warga yang menjadi pelanggan, mekanisme ini sifatnya sementara. Sejak adanya Pergub 16 Tahun 2020 PAM JAYA dapat melakukan penyambungan langsung ke warga. Ikhtiar ini adalah salah satu usaha untuk menuntaskan pemenuhan Hak Rakyat atas Air guna memenuhi kebutuhan minimal sehari-hari," jelas Direktur Utama PAM JAYA, Priyatno Bambang Hernowo.