REKAPITULASI DATA HASIL PENGUJIAN AIR SUNGAI DAN WADUK DI JAKARTA BULAN NOVEMBER 2018

REKAPITULASI DATA HASIL PENGUJIAN AIR SUNGAI DAN WADUK DI JAKARTA BULAN NOVEMBER 2018

Untuk mengetahui informasi kualitas air sungai dan air baku yang ada di Jakarta, PAM JAYA melakukan pengujian terhadap air sungai dan waduk di Jakarta pada bulan November 2018 dengan hasil sebagaimana berikut:

  1. Berdasarkan hasil pengujian 22 parameter yang terdiri dari parameter Fisika 5 parameter, Kimia 15 parameter dan Bakteriologi 2 parameter  maka dari 13 (tiga belas) lokasi sampling parameter dominan yang tidak memenuhi syarat adalah Bakteri Total Koliform dan Koliform Tinja, COD dan Zat Organik yang menunjukkan adanya pencemaran dari limbah domestik.
  2. Untuk air Waduk Sunter dan Setu Babakan selain parameter diatas, parameter Ph juga termasuk yang melampaui baku mutu, sedangkan parameter lain yang juga melampaui baku mutu adalah parameter DHL (Kali Krukut - Cilandak, KBT Marunda dan Waduk Sunter), parameter TDS (Waduk Sunter), parameter Kekeruhan (STB Bendungan Curug, STB Syphon Bekasi, STB Kalimalang - PAB Cawang, Kali Krukut - Cilandak, Kali Pesanggrahan (DCR 4 & DCR 5), Cengkareng Drain, KBB - Intake Pejompongan dan Waduk Sunter), parameter Klorida (Waduk Sunter) dan parameter Sulfat (STB - Bendungan Curug, STB - Syphon Bekasi, STB Kalimalang - PAB Cawang dan KBT - Marunda)
  3. Bila dibandingkan dengan data kualitas bulan Oktober 2018, pada bulan Nopember 2018 kualitas air di 13 (tiga belas) lokasi dengan 23 data kualitas air cenderung lebih baik, yaitu:
  • Parameter COD yang tidak memenuhi syarat di bulan Nopember terdapat 17 data dari 23 data (bulan Oktober : 18 data dari 23 data). Dan untuk parameter Zat Organik yang tidak memenuhi syarat di bulan Nopember terdapat 16 data dari 23 data (bulan Oktober : 19 data dari 23 data).                        
  • Dari 22 parameter yang diperiksa pada bulan Nopember 2018 terdapat 10 parameter tidak memenuhi syarat, sedangkan bulan Oktober terdapat 12 parameter tidak memenuhi syarat.