Bersama BPPSPAM, PAM JAYA bantu 3 PDAM di Lampung

BERSAMA BPPSPAM, PAM JAYA BANTU 3 PDAM DI LAMPUNG

Direktur Utama PAM JAYA, Priyatno Bambang Hernowo bersama ketua BPPSPAM, Bambang Sudiatmo dan 3 Direktur PDAM di Lampung yaitu PDAM Kabupaten Tulang Bawang, PDAM Kabupaten Lampung Timur dan PDAM Kabupaten Peringsewu menandatangani Kesepakatan Bersama bantuan meter air baru di kantor BPPSPAM. Penandatanganan tersebut merupakan wujud komitmen PAM JAYA bersama BPPSPAM dalam membantu sesama PDAM di Daerah.

Ketua BPPSPAM Bambang Sudiatmo menyampaikan bahwa berdasarkan studi dan penelitian BPPSPAM di beberapa PDAM, apabila PDAM melakukan penggantian meter air maka dapat meningkatkan pendapatan sampai 200 %.

“Penggantian meter air pada pelanggan potensial yang dilakukan sesuai dengan prioritas penggantian meter dapat meningkatkan penjualan air ke pelanggan yang meter airnya diganti sampai 300 % dan pendapatannya bisa naik hingga 200 %. Hal ini sudah pernah terjadi di PDAM Karawang,” kata Bambang dalam acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama Bantuan Meter Air PAM JAYA untuk Penyehatan PDAM Sakit di Provinsi Lampung tersebut.

Lebih lanjut Bambang menyampaikan bahwa latar belakang kegiatan bantuan meter air oleh PAM JAYA dilakukan karena minimnya penggantian meter air pada PDAM sakit. Padahal penggantian meter merupakan kunci pendapatan PDAM.

Oleh karena itu, BPPSPAM menggagas ide pendanaan penggantian meter air berdasarkan kemitraan antar PDAM. BPPSPAM juga sangat mengapresiasi kepedulian PAM JAYA untuk membantu PDAM lain yang berkinerja Sakit dan berharap kegiatan ini dapat ditiru dan diadaptasi oleh lebih banyak PDAM lagi di Indonesia.

Pada kesempatan ini, PAM JAYA akan memberikan hibah meter air sebanyak 950 unit. Ada 3 (tiga) PDAM yang akan menerima bantuan meter air yaitu PDAM Kabupaten Pringsewu sebanyak 300 unit; PDAM Kabupaten Lampung Timur sebanyak 450 unit; dan PDAM Kabupaten Tulang Bawang sebanyak 200 unit.

Direktur Utama PAM JAYA, Priyatno Bambang Hernowo menyampaikan bahwa selain meningkatkan pendapatan melalui pergantian meter air secara rutin, PDAM juga harus menerapkan efisiensi biaya produksi melalui efisiensi energi dan menurunkan tingkat kehilangan air untuk menambah pendapatan.

“Meter air seyogyanya dicek dan diganti secara berkala karena itu merupakan hal krusial bagi pertumbuhan sebuah PDAM karena sebagai pencatat pendapatan dan juga bagi pelanggan untuk mendapatkan haknya dalam hal ini pencatatan penggunaan konsumsi yang akurat” tegas Priyatno Bambang hernowo.

Bantuan meter air PAM JAYA ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan dari PDAM di Kabupaten Lampung sehingga berangsur dapat memperbaiki kinerja PDAM secara menyeluruh.