Serba Serbi

KADAR AMONIA AIR BAKU TINGGI, SUPLAI AIR BERSIH IPA CILANDAK MENURUN

KADAR AMONIA AIR BAKU TINGGI, SUPLAI AIR BERSIH IPA CILANDAK MENURUN

Jakarta, 02 Juli 2020 – PT PAM Lyonnaise Jaya (PALYJA), operator penyediaan dan pelayanan air bersih untuk wilayah Barat DKI Jakarta, menginformasikan bahwa memasuki musim kemarau, kualitas air Kali Krukut yang merupakan sumber air baku IPA Cilandak mengalami degradasi karena meningkatnya kadar amonia yang tidak sesuai dengan Keputusan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta nomor 582 tahun 1995 tentang Penetapan Peruntukan dan Baku Mutu Air Sungai / Badan Air serta Baku Mutu Limbah Cair di Wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Untuk menjaga kualitas air bersih ke Pelanggan, IPA Cilandak menurunkan suplai air bersihnya dari 400 lps menjadi 200 lps dan menambahkan 100 lps dari Distribution Control Reservoir (DCR) 5 di Lebak Bulus, Jakarta Selatan dan 100 lps dari IPA Pejompongan untuk mengkompensasi kekurangannya.

Selama kualitas air baku dari Kali Krukut masih belum memenuhi standar, suplai air bersih dari IPA Cilandak ke pelanggan berpotensi terganggu. PALYJA menghimbau pelanggan agar selalu menampung air, menghemat penggunaan air dan tidak mencampur air perpipaan dengan air tanah.

Adapun wilayah yang terkena dampak adalah sebagai berikut:
Ragunan, Pasar Minggu, Manggarai Selatan, Kalibata, Gandaria Utara, Tebet Timur, Kebon Baru, Manggarai, Menteng Dalam, Cilandak Barat, Lebak Bulus, Melawai, Pejaten Barat, Cipete Selatan, Kebagusan, Tanjung Barat, Pondok Pinang, Pela Mampang, Bukit Duri, Pejaten Timur, Pulo, Tebet Barat, Rawa Jati, Gandaria Selatan, dan Petogogan.

Kadar amonia yang tinggi merupakan indikasi adanya pencemaran bahan organik yang berasal dari limbah domestik atau industri. PALYJA mengajak masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah dan limbah rumah tangga ke dalamnya.

PALYJA menyediakan truk tangki air bersih untuk keadaan darurat dan memprioritaskan bagi rumah sakit, tempat ibadah dan yayasan sosial serta terus berupaya mencari solusi terbaik antara lain dengan melakukan pengaturan jaringan.

Pelanggan dapat menghubungi Call Center PALYJA di nomor telepon 29979999 yang beroperasi 7 hari dalam seminggu jika memerlukan informasi lebih lanjut, atau website PALYJA : www.palyja.co.id dan layanan SMS 0816725952.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:
Lydia Astriningworo
Corporate Communications & Social Responsibilities Division Head PALYJA
Tel:(021) 2986-5990, Fax: (021) 2986-5980
Website: www.palyja.co.id