Air tanah Jakarta sudah disedot secara berlebihan.

AIR TANAH JAKARTA SUDAH DISEDOT SECARA BERLEBIHAN.

  • Air tanah Jakarta sudah disedot secara berlebihan.

    Dengan penduduk 10 juta dan kebutuhan standar rata-rata 150 L per orang per hari, setiap tahun total kebutuhan air bersih seluruh warga Jakarta adalah sebesar 547,5 juta m3. Padahal PDAM hanya sanggup menyediakan 54%-nya.

    Sementara sisanya dipenuhi secara mandiri oleh tiap rumah tangga dari air tanah. Artinya total sebanyak 251,8 juta m3 air tanah disedot warga Jakarta setiap tahunnya. Padahal sesuai potensi air tanah dan kapasitas isi ulangnya, hanya 186,2 juta m3 air tanah yang sebenarnya dapat dimanfaatkan setiap tahun.

    Memang apa akibatnya kalau air tanah disedot berlebihan? Tentu saja akan mengakibatkan cadangan air tanah Jakarta terus berkurang. Apa kamu pernah memperdalam sumur di rumah, supaya dapat air yang lebih banyak dan bersih? Nah itu tanda-tanda cadangan air tanah sudah berkurang.

    Kita sudah diambang krisis air bersih. Beberapa wilayah bahkan sudah merasakan kesulitan air bersih. Kalau terus saja disedot, wilayah yang kesulitan air bersih lama-lama ya semakin meluas. Selain itu, muka tanahnya juga bisa ikut turun loh...

    Dalam selang waktu tahun 1982 - 1987, sebagian wilayah Jakarta mengalami penurunan muka tanah di atas 60 cm. Bahkan ada sebagian kecil wilayah yang mengalami penurunan hingga 1,8 m. Padahal secara alami, kondisi sebagian wilayah Jakarta sudah di bawah permukaan laut. Penurunan muka tanah tersebut tentu memperburuk situasi Jakarta pada saat musim hujan. Apalagi bila iklimnya juga sudah berubah, dimana intensitas hujan tahunan yang sama tercurah dalam rentang waktu yang lebih pendek.

  • Jangan menggunakan pipa instalasi jaringan dalam rumah dengan kualitas yang tidak baik/tidak sesuai dengan standart pipa PDAM.
  • Hindari penggabungan jaringan pipa PDAM dengan pipa saluran pompa air, akibat yang timbul air PDAM akan masuk ke sumur pompa di saat malam hari.
  • Tindakan pertama untuk mengetahui apakah ada kebocoran di instalasi pipa dalam rumah/pekarangan, silahkan matikan seluruh kran air, tunggu beberapa saat, amati meter air Anda. Jika angka/jarum meter air Anda bergerak, kemungkinan pipa dalam rumah / pekarangan Anda ada yang mengalami kebocoran.
  • Jika tidak ada kegiatan yang menggunakan air banyak, rekening/pemakaian Anda tiba-tiba melonjak. Hal tersebut dapat disebabkan oleh adanya kebocoran pipa instalasi dalam rumah/pekarangan atau kran yang tidak tertutup sehingga air terbuang percuma.