Serba-Serbi > Siaran Pers

Dalam upaya memenuhi kebutuhan air minum bagi masyarakat DKI Jakarta dan terbatasnya sumber daya air maupun Sistem Penyediaan Air Minum yang dimiliki Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,maka perlu dukungan dari daerah lain melalui kerjasama antar daerah dalam penyediaan air minum.

Pemerintah Kabupaten Tangerang sebagai daerah penyangga Ibukota Jakarta yang berbatasan langsung dengan Daerah Khusus Ibukota Jakarta, mempunyai potensi sumber daya air dan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang dikelola PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang masih mempunyai ekses kapasitas, sehingga dapat memberikan dukungan penyediaan air minum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat DKI Jakarta melalui kerjasama penyediaan air minum.

Untuk merealisasikan hal dimaksud, maka para pihak sepakat untuk menjalin kerjasama antar Pemerintah Daerah yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman (MoU). Kerjasama ini telah berjalan sejak 20 (dua puluh) tahun lalu dan perlu diperpanjang kembali 20 (dua puluh) kedepan untuk keberlangsungan suplai air minum bagi masyarakat DKI Jakarta.

Direktur Utama PAM Jaya, Erlan Hidayat, menjelaskan bahwa mekanisme kerjasama antar daerah, khususnya dalam bidang Pelayanan Publik, sesungguhnya telah diatur didalam Peraturan Pemerintah nomor 50 tahun 2007. Pemerintah Kabupaten Tangerang bahkansemenjaktahun 2010 sudahmemiliki PERDA Nomor 9/2010 yang mengatur kerjasama daerah seperti ini. “Ini merupakan SPAM Regional yang munculsebagaiproduk dari kerjasama antar daerah. Di beberapa daerah lain di Indonesia, seperti Lombok, Kalimantan Selatan, juga sudahterjadi pelayanan air minum produk kerjasama regional antar daerah” ujar nya.

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud Kesepakatan Bersama agar kerjasama penyediaan air minum antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya.

Tujuan Kesepakatan Bersama ini yaitu:

  1. terpenuhinya sebahagian kebutuhan pelayanan dan penyediaan air minum bagi masyarakat DKI Jakarta
  2. terserapnya kelebihan kapasitas produksi air minum PDAM TKR Kabupaten Tangerang
  3. tercapainyakepentingan yang seimbangdan saling menguntungkan para pihak

MoU ini menjadi dasar hukum bagi PAM Jaya dan PDAM TKR untuk memperpanjang Perjanjian Kerja Sama Penyediaan dan Penyaluran Air Minum bagi masyarakat DKI Jakarta dengan kapasitas 2.800 liter per detik untukjangka waktu 20 tahun kedepan.

 

Humas PAM Jaya



Tweet




Copyright © 2015, PAM JAYA