Serba-Serbi > Berita

JAKARTA, KOMPAS. com - Direktur Utama PAM Jaya, Erlan Hidayat mengatakan, selama ini wilayah Jakarta Barat masih sangat kekurangan air bersih. Hal ini membuat beberapa wilayah di Jakarta Barat belum terlayani penyediaan air bersih oleh PAM Jaya.

"Selama ini wilayah Jakarta Barat kan banyak atau sebagian besar mengandalkan supply air dari Tangerang. itu sudah kami gunakan dan karena belum cukup jaringan pipa distribusinya maka beberapa wilayah memang masih belum terlayani," ujar Erlan ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (8/11/2017).

Ia mengatakan, untuk mengatasi masalah ini pihaknya tengah melakukan pembangunan WTP (water treatment plant) dan jaringan pipa.

Ia melanjutkan, saat ini jaringan pipa air belum menjangkau banyak wilayah di Jakarta Barat. Oleh sebab itu, pembangunan pipa menjadi salah satu fokus PAM Jaya dalam mengatasi kekurangan air bersih di Jakarta Barat

"Tujuan dari itu semua adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah barat, Kamal, Tegal Alur sampai ke Kamal Muara," tuturnya.

Salah satu kawasan yang belum teraliri air PAM adalah wilayah Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat. Erlan mengatakan, pemasangan PAM di kawasan tersebut mungkin dilakukan dengan berbagai syarat.

"Kawasan itu legal sattlement (kepemilikan tanah warga legal) dan ketersediaan air (dari PAM Jaya) masih ada," ujar Erlan saat dihubungi Kompas.com, Rabu (8/11/2017) petang.

Untuk mengetahui legalitas lahan, Erlan akan melakukan survey dan berkoordinasi dengan pemangku wilayah setempat.

Penulis Sherly Puspita

Editor Dian Maharani

Sumber http://megapolitan.kompas.com/read/2017/11/09/11062341/jakarta-barat-kekurangan-air-bersih-pam-jaya-bangun-wtp-dan-jaringan-pipa



Tweet




Copyright © 2015, PAM JAYA